Syukur Nikmat

Kamis, 10 Januari 2019
Ir. H. Andri Marjoni

Ditulis oleh : Three (trihandajanibagus@gmail.com)

Bismillaahirrohmanirrohiim,

Inti dari hidup manusia adalah nikmat. Untuk menjaga agar manusia selalu hidup di dalam kenikmatan, Alloh menurunkan petunjuk dan tuntunanNya yaitu QS Al-Fatihah. QS Al-Fatihah dibuka dengan kalimat “Bismillaahirrohmanirrohiim”, disebutkan di dalam ayat tersebut bahwa Alloh menciptakan manusia dikarenakan kasih sayangNya dan Dia menciptakan segala sesuatu di alam ini agar hidup manusia selalu berada dalam kenikmatan. Lalu Alloh tuntun manusia -karena hidupnya dilimpahi oleh segala kenikmatan- agar pandai bersyukur, hal ini tercermin di dalam ayat “Alhamdulillaahirrobbil’alaamin”. Alloh mengingatkan bahwa hidup bukan hanya di dunia ini tapi sampai ke akhirat nanti hal ini disebutkan di dalam ayat “Maalikiyyaumiddiin”. Alloh membimbing kita dengan kalimat “IHdinaashshiroothol mustaqim”. Arti dari kalimat tersebut yaitu permohonan kita kepada Alloh agar ditunjuki jalan yang lurus, yaitu jalan orang-orang yang telah Alloh beri nikmat bukan jalan yang Alloh murkai dan bukan pula jalan yang sesat.

Kenikmatan itu adalah adanya rasa baghagia, damai dan ketenangan. Nikmat itu adalah masalah rasa, adanya di dalam hati. Lalu kenapa kita kadang merasa tidak nikmat ? Ketika kita merasa begitu berarti kita sedang tidak berpegang kepada jalan yang lurus tadi, “Ihdinasirothotholmustaqiim”. Jika kita berjalan sesuai dengan misi yang diemban/sesuai dengan tuntunan Alloh maka kita akan selalu berada di dalam kenikmatan. Kenapa timbul masalah ? karena ada penyimpangan.

Sesungguhnya Alloh melimpahkan modal kerja kepada setiap dari kita ketika kita diutus ke dunia ini yaitu : harta, tahta, cinta dan kata (ilmu). Ini adalah modal kehidupan dari Alloh. Modal, yang harus dijalankan oleh si penerima modal sesuai dengan harapan si pemberi modal. Masalah akan timbul ketika modal itu diselewengkan. Modal cinta tidak boleh diselewengkan. Mencintai segala sesuatu dengan cinta yang lebih besar daripada cinta kepada Alloh dan rosulNya, adalah bentuk penyelewengan. Begitu juga halnya dengan modal harta, yaitu ketika harta diselewengkan baik ketika proses mencarinya maupun menggunakannya. Korupsi, pencurian, adalah contoh penyelewengan harta, maka ketika itu dilakukan akan timbul masalah. Ketika kata (ilmu) diselewengkan maka akan timbul masalah yang serius dan kekacauan. Masalah akan timbul ketika modal diselewengkan.

Nenek moyang kita, nabi Adam dan sayyidati Hawa, jatuh ke dalam masalah ketika melanggar apa yang dilarang oleh Alloh. Tidak ada suatu masalah yang timbul, selain karena yang kita buat sendiri. Laa yukallifullloohu nafsaan illaa wus’ahaa. Alloh tidak akan membebani selain apa yang sanggup kita pikul.

Ketika kita memberikan manfaat kepada orang lain ketika itu kita merasakan kenikmatan. Sebaliknya ketika kita memberi masalah kepada orang lain, kita akan merasakan kegelisahan. Ketika kita memberi masalah kepada orang lain, ketika kita membuat orang lain susah/sedih, jangan pernah berfikir bahwa selesai sampai di situ tapi sebenarnya justru sebaliknya masalah yang kita timpakan kepada orang lain akan berbalik kepada diri kita.

Syetan bertujuan menghilangkan nikmat yang ada pada kita. Tujuan syetan amat bertolak belakang dengan kita. Kita bertujuan untuk hidup dalam kenikmatan, dari dunia sampai akhirat. Sedangkan syetan bertujuan untuk menghilangkan kenikmatan itu dari diri kita. Maka ia terus saja membisikan kepada kita untuk menyelewengkan modal yang Alloh berikan kepada kita. Hati kita lah yang berperan untuk mengendalikannya. Hati yang bagaimana ? Hati yang selalu mengingat Alloh – selalu bersama dengan Alloh.
Setiap pelanggaran/penyelewengan terhadap modal yang Alloh titipkan, akan selalu menimbulkan masalah pada diri kita. Sakit adalah bentuk pelanggaran yang kita lakukan terhadap tubuh kita.

Beberapa penyebab sakit :
Sakit akibat spiritual yaitu sakit yang diakibatkan oleh gangguan jin berupa sihir, teluh, santet dsb. Nazar yang belum kita bayar juga meengakibatkan sakit. Sakit akibat sihir itu bisa karena diundang yaitu berupa pasang susuk, memakai jimat-jimat dsb. Atau yang tidak diundang, misalnya ketika waktu magrib, kita berada di luar rumah. Sihir bisa berupa yang dikirim oleh orang lain, bisa juga karena kondisi emosional. Emosional ada 2 macam : trauma dan emosional sesaat.

Sakit akibat fisik misalnya karena makan yang pedas-pedas. Ketika ada masalah datang, cara menghadapinya berbeda-beda. Ada sebuah kisah tentang seorang ayah yang memiliki seorang anak dengan penyakit celebral atrophy. Setelah 3 tahun diobati si anak belum juga menunjukkan banyak perkembangan. Oleh sebab itu maka ayahnya memutuskan untuk berhenti berkerja dan fokus pada mengurus anaknya, sambil ia mencari guru untuk mengaji. Dengan jalan berhenti bekerja (meninggalkan fokus dan mengejar dunya) dan kembali kepada Alloh (dengan bimbingan guru ngaji), perlahan Alloh sembuhkan anaknya tersebut. Ketika seseorang diuji tapi tidak kembali kepada iHdinashshirootholmustaqiim maka ia akan terus saja berada dalam masalah. Yang dilakukan oleh ayah ini adalah kembali dan bergantung sepenuhnya kepada Alloh. Kembali dan meminta petunjuk kepada Alloh. Sakit terjadi atas izin Alloh. Sakit terjadi bisa sebagai penghapus dosa-dosa. Dengan sakitnya anaknya Alloh hapuskan dosa-dosa kedua orang tuanya di masa lalu. Dengan memilih jalan untuk kembali secara total ke jalan yang benar, Alloh sembuhkan anak tersebut. Dari sini kita mengetahui bahwa pengobatan itu tidak melulu secara fisik tapi lebih kepada pengobatan spiritual. Alloh memanggil untuk kembali ke jalanNya. Ketika orang kembali ke jalan Alloh, Shirootholmustaqiim, maka Alloh cabut penyakitnya.

Bentuk ujiannya mungkin sama, tapi cara menyikapinya yang berbeda. Prinsipnya, hanya satu cara : instrospeksi diri. Apakah kita adalah si pemakan riba atau orang yang menggantungkan urusan rizki dengan mengandalkan kepada perusahaan atau karyawan, bukan kepada Alloh ? Masalah-masalah berupa penyakit, hilangnya harta, hilangnya jabatan, masalah datang sesuai dengan kapasitas kita : orang tua diuji oleh anaknya, guru diuji oleh muridnya, dsb. Ketika masalah/ujian datang maka satu-satunya cara menghadapinya adalah dengan cara introspeksi diri. Ketika masalah/ujian datang langsung ucapkan kalimat “Inna lillaahi wa inna illaihi rooji’uun”. Lalu sadari apa yang pernah kita lakukan sebelumnya.

Penyakit kangker payudara biasanya terjadi ketika seseorang mempunyai masalah dengan suaminya. Selesaikan dulu masalah dengan suaminya. Maka pengobatan kangkernya akan menjadi lebih mudah. Kangker otak biasanya terjadi karena seseorang terlalu berfikir keras akan sesuatu. Ini adalah masalah emosional. Selesaikan masalah terlebih dahulu, Jika kita mempunyai masalah dengan suami, selesaikan dulu masalah tersebut, lalu memohon ampun kepada Alloh. Setelah itu baru kita ikhtiar berobat. Biasanya lebih cepat sembuh. Ketika ada masalah emosional maka Ph (ukuran tingkat keasaman tubuh) tubuh akan turun menjadi 3,5, ini kondisi asam dan ini merupakan Ph yang baik bagi kangker untuk tumbuh subur.
Cari penyebabnya, ishlah/perbaiki dengan cara berbaikan dan akui kesalahan. Setelah diperbaiki jangan lakukaan itu lagi sambil terus memohon ampun kepada Alloh. Sebagai katalisnya (mempercepat proses) bersyukurlah. Syukurilah yang ada. Karena ketika kita bersyukur maka nikmat Alloh akan bertambah. Secara fisika kuantum, level kebahagiaan seseorang bisa diukur, jika nilainya dibawah 500, orang itu rentan, kondisi ini menyebabksn seseorang jadi mudah di sihir, mudah sakit dsb. Tapi ketika seseorang banyak bersyukur, hatinya tenang dan lapang maka nilai fisik kuantumnya berada di atas 500, dia kuat, susah terkena sihir dan susah sakit.

Jika modal harta, tahta, cinta dan kata (ilmu) kita manfaatkan dengaan sebaik-baiknya maka itu semua akan mengantarkan kita ke surga.

Alloh telah mengingatkan untuk meminta pertolongan kepada Alloh dengan sabar dan sholat. Orang yang memiliki masalah karena memiliki hutang, mohonlaah ampun kepada Alloh karena ia telah mendahulukan keinginan bukan kebutuhan, sehingga ia harus berhutang, padahal Alloh mencukupi segala kebutuhan makhlukNya. Mintalah pertolongan kepada Alloh agar pemilik uang yang kita utangi Alloh lembutkan hatinya.

Masalah terjadi ketika modal yang Alloh berikan kepada kita, kita jadikan tuhan-tuhan selain Alloh, ketika itu terjadi Alloh akan memanggil kita untuk kembali lagi ke jalanNya. Sakit dan menyembuhkan itu sangat mudah bagi Alloh semudah memindahkan semut ke dalam gelas. Untuk mengundang semut maka cukup meletakkan sedikit gula, maka ketika semut sudah masuk ke dalam gelas, maka gula sudah tidak diperlukan lagi. Begitulah masalah, ia ibarat gula yang memanggil semut untuk datang, masalah membuat kita datang kepada Alloh. Ketika kita bersungguh-sungguh datang, maka masalah sudah tidak diperlukan lagi, maka Alloh hilangkan. Masalah datang ketika kita salah memilih jalur. Tapi ketika kita sudah berada di jalan yang benar maka Alloh angkat masalahnya. Alloh selalu menyediakan solusi bagi kita. Katalis yang terakhir adalah dengan cara selalu berprasangka baik kepada Alloh.

Orang yang beriman dan beramal sholeh, hatinya bersih, angka kuantum fisiknya 800, maka ia dalam keadaan sangat sehat, tidak akan bisa ditembus oleh sihir. Sebenarnya musuh kita hanyalah syetan.

Kesimpulan : berbahagialah karena Alloh selalu menyediakan solusi bagi kita.

Semoga bermanfaat
Mencerdaskan Ummahat-Menyelamatkan Ummat

Sharing is amazing.

Jl. Puspita 2, Mekar Indah, Cikarang Baru, Cikarang, Bekasi