Iman dan Kebangkitan Islam

KAJIAN RUTIN BA’DA SUBUH
Masjid Jamie Mekar Indah

Ust. H. Imam Hambali, S.Si

Bismillaahirrohmanirrohiim,

– Hakikatnya Iman itu tercermin dalam hati, lisan dan amal seseorang.
– Iman tidak bisa terlihat yang terlihat wujudnya berupa amal.
– Yang paling kita inginkan adalah iman kita diakui oleh Alloh.
– Ada 7 tingkatan/level amal :
Islahunnaas, memperbaiki personal/pribadi-pribadi kita. Alloh memerintahkan setiap dari kita untuk menjadi ummatnyang terbaik yang tampil diantara manusia. Yang tampil ini pasti amal ma’ruf nahi munkar karena Alloh. Ummat adalah kumpulan pribadi-pribadi, tidak mungkin suatu ummat akan baik jika diri-diri pribadi/personal tidak baik.
Orang mumin dikatakan baik jika :
– Akidahnya lurus. Tidak ada keyakinan lain selain Alloh. Orang yang baik. Jika orang baik tidak muncul maka orang jahat yang akan tampil.
– Menjalankan ibadah mahdoh & ghoiru mahdoh.
– Ahlak yang baik. Indikator sederhana : muslim lain merasa nyaman berdekatan dengannya.
– Wawasan ilmunya luas. Ketika terjadi perbedaan, tidak mudah menyalahkan fihak yang berbeda, tidak mudah membuat pernyataan.
– Mandiri secara ekonomi, indikator sederhana : utangnya sedikit. Mempunyai kemandirian/bebas utang berarti memiliki harga diri. Agar tidak terlilit berhutang : kendalikan gaya hidup.
– Fisik yang kuat. Ummat yang kuat itu yang fisiknya sehat dan bugar.
– Memanage waktu. Tidak bisa seseorang disebut sebagai khoirul ummah jika ia tidak bisa memanage waktunya.
– Memanage urusan-urusannya.
– Mengontrol hawa nafsu. Ini bab kemauan, kemauan untuk mengontrol hawa nafsu, memaksakan diri, melawan kemalasan. Melakukan apa-apa yang diketahui. Tidak sekedar mengetahui, tetapi yang penting adalah melakukan apa-apa yang diketahui : laki-laki sholatnya berjamaah di masjid, tilawah Qur’an.
– Memberi manfaat kepada orang lain : suami/istri, anak, tetangga dan lingkungan.

Siklus 100 tahunan. Dinurbuwahkan bahwa dalam periode 100 tahunan terjadi kebangkitan Islam. Banyak yang mengatakan bahwa kebangkitan ini akan muncul dari Indonesia. Kebangkitan ini hanya akan terjadi jika kita mempersiapkan generasi anak-anak kita menjadi generasi terbaik yang akan memimpin kebangkitan Islam.

Semoga bermanfaat

– Three –
_trihandajanibagus@gmail.com